P3D PNP Memperkuat Sinergi dengan Dinas PMD Propinsi Sumatra Barat

Padang – Senin, 21 Januari 2019, tim Pusat Pengembangan Pembangunan Desa/Nagari (P3D) Politeknik Negeri Padang (PNP) mendampingi Direktur PNP dalam kunjungan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Sumatera Barat di kantor PMD yang berlokasi di jalan Pramuka, Padang.

Suasana Rapat dengan Dinas PMD Sumbar

Kunjungan ini merupakan follow up dari program-program dari P3D yang dapat disinergikan langsung dengan Dinas PMD Sumbar, beberapa program P3D PNP yang siap untuk diaplikasikan diantaranya, Penyediaan Website Resmi Nagari/Desa, Penyediaan Sistem Informasi Nagari, Penyediaan Rumah dagang Nagari/Toko Online Nagari, Pendampingan BUMNAG, Pendampingan tata kelola anggaran Nagari dan lainnya.

Pertemuan yang dimulai jam 09:00 dan berakhir pada jam 11:00 tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas PMD Sumbar, Bpk. Syafrizal, MM yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Ucok. Beliau sangat menyambut positif program-program P3D yang dipaparkan langsung oleh Direktur PNP. Dalam paparannya, Direktur PNP mengatakan bahwa saat ini PNP sebagai salah satu Perguruan Tinggi Vokasi di Sumatera Barat memiliki SDM yang kompeten dan peralatan pendukung yang memadai untuk membantu mensukseskan program pemerintahan, utamanya program terkait pemberdayaan masyarakat dan penerapan teknologi tepat guna, sehingga sinergi antara Perguruan Tinggi dengan Pemprov Sumbar sangat menunjang untuk mengimplementasikan hal tersebut.

Penyerahan Program P3D ke Kepala Dinas PMD Sumbar

Sementara itu, Kadis PMD Sumbar mengatakan, kami sangat berterima kasih atas kunjungan ini, sebenarnya kami sudah sangat lama berharap PNP dapat ikut membantu berbagai program yang ada di PMD ini ujarnya, karena kegiatan-kegiatan yang bersifat teknologi tepat guna tentu banyak tersedia di PNP. Pak Ucok juga berharap agar PNP segera memfollow up pertemuan ini, dan beliau juga akan menyampaikan hal ini ke Kemendes nantinya.

Dalam pertemuan ini, tim P3D juga memaparkan dan menampilkan program-program yang sudah dilaksanakan di beberapa Nagari, terutama kaitannya dalam mewujudkan Nagari Digital, pendamping Bumnag/tata kelola anggaran dan pos pelayan teknologi (posyantek) di nagari-nagari.

Setelah pemaparan program-program yang sudah dilaksanakan P3D, Pak Ucok beserta, Kabid Ekonomi dan Pemerintahan, melihat bahwa ini adalah salah satu program inovasi pemberdayaan yang dapat diterapkan di Nagari-Nagari yang mesti kita dukung bersama.Beliau juga berharap agar PNP segera mempromosikan program-program ini ke Pementah Daerah Kab/Kota serta nagari-nagari di Sumatera Barat.

Dalam sesi terakhir, Direktur PNP menyampaikan ucapan terima kasih banyak, atas sambutan positif dari Dinas PMD terhadap program yang ditawarkan. Semoga sinergi antara Perguruan Tinggi dan Pemprov Sumbar ini membawa kemaslahatan untuk masyarakat.


About P3D PNP

Berkomitmen Mewujudkan Nagari Digital

View all posts by P3D PNP →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *