Gubernur Jateng Resmikan Desa Digital Sepakung

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meresmikan Desa Digital Sepakung, Banyubiru, Kabupaten Semarang, kemarin. Menurut Ganjar, dengan fasilitas digital warga bisa memasarkan produk kerajinan desa, hingga potensi wisata secara online.

“Hasil kerajinan desa dari pinus serta produk lainnya harus dipasarkan secara online,” katanya.

Dengan Desa Digital, pihaknya berharap Desa Sepakung bisa menjadi desa wisata yang sejahtera dan mandiri. Dalam rangka promo dan sosialisasi kepada masyarakat atas potensi desa wisata, minimal dibutuhkan jejaring digital. Maka perlu sinergitas melibatkan warga desa, pemerintah desa, pemerintah kabupaten, pemerintah propinsi, dan akademisi perguruan tinggi.

Baru-baru ini, Desa Sepakung telah dijadikan salah satu desa binaan Universitas PGRI Semarang (UPGRIS). “Diawali 2017 silam dengan pencanangan Gosepakung yang dikerjakan mahasiswa KKN PPM UPGRIS dengan dukungan hibah pendanaan dari Kemenristekdikti,” jabar Kepala Pusat Pemberdayaan Masyarakat dan KKN UPGRIS, Drs Sudargo MSi.

Sejak awal 2018, telah dimulai pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan memanfaatkan potensi kayu pinus yang dikemas dalam berbagai bentuk kerajinan tangan yang bisa dipasarkan oleh dosen Teknik Mesin UPGRIS, Gostsa Khusnun Naufal SPd MT. Yang bersangkutan, memanfaatkan potensi bahan potongan dahan kayu pinus dari Desa Sepakung yang semula sekadar digunakan untuk kayu bakar.

Bentuk kemitraan lain adalah telah dilaksanakannya Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) dengan program pengabdian masyarakat melalui pendanaan hibah multiyears dari Kemenristekdikti yang diketuai oleh Dr Iin Purnamasari MPd.

“Program utamanya adalah pendampingan kepada Kelompok Wanita Tani Srikandi, Karang Taruna Lembah Telomoyo Sepakung, dan Kelompok Sadar Wisata,” imbuhnya.

Selain ke Desa Sepakung, selama berkunjung ke Kabupaten Semarang, Gubernur Ganjar juga menuju Desa Pasekan, Ambarawa untuk meresmikan Wisata Bukit Srobi. Kemudian membuka Rakerda DPC Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang.

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/news/detail/14313/Gubernur-Jateng-Resmikan-Desa-Digital-Sepakung

About P3D PNP

Berkomitmen Mewujudkan Nagari Digital

View all posts by P3D PNP →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *