Nagari Digital Binaan PNP Siap Sasar Pasar Nasional via “Lapak Nagari”

PNP News. Pasca Pelatihan Nagari Digital Part 3, sekitar 30 nagari digital binaan Politeknik Negeri Padang diharapkan bisa menyasar pasar nasional bahkan internasional melalui “Lapak Nagari” yang mempromosikan produk nagari kepada pelanggan potensial.

Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Politeknik Negeri Padang, Yuhefizar, Sabtu, 8 April 2023 menyatakan, jika pada Pelatihan Nagari Digital Part 2, peserta diajarkan pengetahuan dan keterampilan baru dalam mengelola data kependudukan, layanan online, dan korespondensi dengan menggunakan aplikasi Opensid; Pelatihan Part 3 ini membahas fitur-fitur dan marketplace Lapak Nagari.

Jika sebelumnya, Opensid adalah sebuah sistem informasi desa yang dikembangkan oleh Lembaga Hukum Perkumpulan Desa Digital Terbuka (OpenDesa) bersama Komunitas Pegiat Desa untuk mendukung fungsi dan tugas administrasi pemerintahan desa seperti administrasi umum, kependudukan, keuangan, dan pembangunan; fitur-fitur dan marketplace Lapak Nagari adalah platform online yang memungkinkan nagari menjual produk-produk mereka.

Ephi juga menjelaskan, “Lapak Nagari” merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat nagari yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian mereka. Dengan Lapak Nagari, masyarakat setempat dapat mempromosikan produk-produk mereka kepada pelanggan potensial. Lapak Nagari juga menyediakan fasilitas pembayaran online yang aman dan mudah, imbuhnya.
Selain itu, salah satu fitur terbaru Submenu “Pembangunan” potensial membantu mengklarifikasi proyek-proyek konstruksi yang sedang berlangsung di nagari. Submenu ini menampilkan informasi tentang anggaran, sumber dana, jadwal, kemajuan pembangunan, dan manfaat proyek yang ditampilkan.

Situs web desa juga dilengkapi dengan fitur pengaduan yang dimaksudkan untuk membantu masyarakat nagari yang bersangkutan untuk menyampaikan masalah yang terkait dengan pelayanan publik atau tata kelola nagari. Fitur ini diklaim juga dapat membantu meningkatkan partisipasi dan keterlibatan masyarakat dalam proses pembangunan nagari sekaligus membantu pemerintah nagari dalam menangani masalah secara cepat.

Ephi juga Lapak Nagari merupakan salah satu bentuk pemberdayaan ekonomi masyarakat nagari yang dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian mereka. Dengan Lapak Nagari, masyarakat setempat dapat mempromosikan produk-produk mereka kepada pelanggan potensial. Lapak Nagari juga menyediakan fasilitas pembayaran online yang aman dan mudah, imbuhnya.

Meskipun di OpenSid, peserta bisa mengeksplorasi berbagai fitur dan menu yang tersedia, seperti peta, buku tamu, layanan mandiri untuk warga yang memuat peta wilayah desa/nagari dalam berbagai mode, seperti satelit, jalan raya, atau relief; peserta diingatkan untuk mengalokasikan dan menggunakan perangkat seluler untuk fitur PBB pada aplikasi sebagai persiapan pada Pelatihan dan Pendampingan Nagari Digital Part 4 dan seterusnya yang digelar di Kampus Politeknik Negeri Padang pasca lebaran Idul Fitri 1444 H.
d®amlis

Rekaman video pelatihan dapat diakses pada:

Politeknik Negeri Padang BAKTI pada NAGARI
Mari wujudkan NAGARI DIGITAL bersama POLITEKNIK NEGERI PADANG
Yuhefizar
Ketua Pusat Pengembangan dan Pembangunan Desa/Nagari
Politeknik Negeri Padang

About P3D PNP

Berkomitmen Mewujudkan Nagari Digital

View all posts by P3D PNP →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *