P3D PNP Menghadiri MUNAS OPENDESA

P3D PNP – Sabtu, 11 Januari 2020, Tim P3D PNP menghadiri kegiatan MUNAS OPENDESA. Opendesa adalah perkumpulan Desa Digital Terbuka yg bertujuan membantu desa-nagari menjadi desa-nagari cerdas – memaksimalkan potensi desa menggunakan teknologi informasi sumber terbuka yang gratis dan bebas digunakan. Kegiatan Munas ini dilaksanakan di Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang Kab. Lima Puluh Kota.

Pemanfaatan TIK yang strategis dan tepat guna adalah pilar sangat penting menuju Desa Cerdas yang bertujuan untuk mencapai kebahagiaan hidup, meningkatkan kualitas hidup, efisiensi, dan daya saing, serta memastikan pemenuhan kebutuhan dalam aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan desa. Selain itu, TIK mempunyai peran strategis dalam rangka mencapai desa mandiri yang sehat dan dinamis, meningkatkan kesejahteraan desa, serta memperlancar kegiatan layanan pemerintahan desa.

OpenDesa percaya sepenuhnya bahwa perangkat TIK open source (TIK Terbuka), yang terbuka bebas digunakan dan yang dikembangkan bersama oleh komunitas yang peduli, merupakan sarana yang efektif untuk mempercepat penerapan dan pemanfaatan TIK untuk menuju Desa Cerdas. Kepercayaan ini timbul dari pengalaman OpenSID, sistem informasi desa sumber terbuka yang gratis dan bebas digunakan desa — yang dalam waktu yang relatif singkat sudah dimanfaatkan oleh lebih dari 7.500 desa dan terus dikembangkan bersama oleh komunitas yang peduli dan mempunyai motivasi tinggi memajukan desa mereka.

Perkumpulan Desa Digital Terbuka dibentuk pada tanggal 7 bulan Desember tahun 2018 di Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat, sebagai wadah untuk mengembangkan, menyebarkan dan membantu desa memanfaatkan teknologi informasi terbuka, seperti OpenSID, semata-mata untuk memajukan desa.

Layanan yang ditawarkan OpenDesa dan program kerja OpenDesa dimaksudkan untuk mendukung tujuan itu.

OpenDesa siap berkolaborasi dan bekerjasama dengan semua instansi, lembaga dan kelompok terkait, supaya cita-cita kita bersama untuk terciptanya sebanyak mungkin Desa Cerdas secepat mungkin dapat tercapai dan P3D PNP siap menjadi bagian implementator di Desa-Nagari.

Berikut beberapa foto dokumentasi :

Nagari ini juga mempunyai ikon wisata baru, yaitu Kayu Kolek yang terletak sekitar 12 kilometer dari pusat Kota Payakumbuh.

About P3D PNP

Berkomitmen Mewujudkan Nagari Digital

View all posts by P3D PNP →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *